5 Klub Eropa yang Paling Royal Setengah Dasawarsa Terakhir

Banyak klub Eropa yang jor-joran belanja belakangan ini. Berikut ini merupakan daftar 5 klub yang paling boros dalam setengah dasawarsa terakhir.

Chelsea

Sejak dibeli oleh Roman Abramovich pada 2003, Chelsea royal dalam membeli pemain. Dalam lima tahun belakangan, The Blues membelanjakan 875,5 juta euro dalam data yang dilansir oleh Foxsport Asia.

Kepa Arrizabalaga menjadi pembelian termahal Chelsea dalam lima tahun terakhir. Dia ditebus dengan harga 80 juta euro. Agen Ibcbet.

Pembelian mahal lainnya ada Jorginho (57 juta euro), Alvaro Morata (66 juta euro), dan Tiemoue Bakayoko (40 juta euro). Chelsea kini sedang tak bisa belanja, terkena sanksi dalam dua jendela transfer.

Manchester United

Usaha Manchester United untuk kembali ke era kejayaan menelan biaya yang tak murah. Belanja pemain membutuhkan dana yang tak sedikit, belum bisa mengangkat performa tim.

Uang sebanyak 889,5 juta euro sudah dibelanjakan oleh The Red Devils, mereka belum bisa menjadi juara Liga Inggris lagi sepeninggal Sir Alex Ferguson pada musim 2012/2013.

Pembelian Angel Di Maria pada musim panas 2014 dengan nilai transfer 75 juta euro menjadi rekor pembelian termahal saat itu. Untuk saat ini, Paul Pogba tercatat masih menjadi pemain termahal dengan tebusan 105 juta euro dari Juventus.

Romelu Lukaku merupakan pembelian termahal kedua dengan bayaran 84,7 juta euro. Setelah itu ada Anthony Martial dengan nilai transfer 60 juta euro.

Juventus

Juventus memang dikenal piawai mendatangkan pemain gratisan. Tapi, bukannya mereka pelit untuk menggelontorkan banyak uang untuk mendatangkan pemain.

Sejak 2014, Bianconeri sudah merogoh kocek sebanyak 981,9 juta euro. Di musim ini, Matthijs De Ligt yang menjadi pembelian mahal, tebusannya mencapai 75 juta euro.

Cristiano Ronaldo masih menjadi pemain termahal Bianconeri dengan nilai transfer sebesar 117 juta euro dari Real Madrid pada musim lalu.

Manchester City

Manchester City royal setelah dibeli pengusaha asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour. Sejak 2014, sudah ada 996 juta euro yang dikeluarkan untuk memperkuat skuat.

Di musim panas 2019, Rodri menjadi pembelian mahalnya. Dia ditebus sebesar 70 juta euro dari Atletico Madrid.

Secara umum, ada sebanyak 16 pemain City yang didatangkan dengan harga minimal 40 juta euro.

Barcelona

Barcelona klub yang doyan belanja sejak 2014. Luis Suarez merupakan salah satu pemain bintang yang didatangkan.

Uang sebanyak 1,08 miliar euro sudah dibelanjakan. Philippe Coutinho dan Antoine Griezmann menjadi dua pembelian termahal, masing-masing harganya 120 juta euro.

Setelah itu, ada Ousmane Dembele. Pemain Prancis itu ditebus Barca dari Borussia Dortmund dengan nilai transfer 105 juta euro.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*